All New Avanza Nyaman di Penumpang


Sesi pertama pada test drive All New Avanza dan All New Avanza Veloz rampung digelar. Pada uji kehandalan jagoan baru Toyota Astra Motor (TAM) yang digelar di Sumatera Barat, Selasa (22/11/2011), menempuh perjalanan dari Padang menuju Payakumbuh.

Pihak TAM menyediakan 10 All New Avanza dan Avanza Veloz untuk dijajal oleh sekitar 30 jurnalis dari beragam media nasional. Okezone berkesempatan menjajal All New Avanza Veloz versi transmisi manual.

Seperti diketahui, Avanza Veloz adalah varian tertinggi dari All New Avanza yang baru saja dirilis TAM beberapa waktu lalu. Veloz hadir dengan spesifikasi mesin IL, 4 silinder, 16 V, DOHC, VVT-I dengan isi silinder 1.495cc. Modal mesin ini memuntahkan tenaga maksimum 104ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 kgm/4.400 rpm.

Kesempatan pertama coba dimanfaatkan sebagai penumpang dengan duduk di kursi baris kedua. Avanza Veloz sudah dilengkapi dengan AC double blower, sehingga penumpang di baris kedua sudah bisa mengatur langsung penyejuk udara yang ada tepat di atas kepala.

All New Avanza Veloz menggunakan suspensi Macpherson Strut dengan coil spring di bagian depan. Sementara di bagian belakang 4 link lateral rod dengan coil spring. Suspensi ini sedianya sama dengan Avanza lawas, namun pihak Toyota mengklaim bahwa material suspensi yang digunakan Veloz lebih baik daripada generasi lama.

Hasilnya, Veloz memang terasa tidak terlalu mengayun atau cukup keras dalam ukuran mobil MPV. Sebagai penumpang ini nyaman karena redaman kejut tidak membuat mobil menjadi berayun, ditambah dengan velg R15 dibungkus dengan ban 185/65.

Baris kedua juga terasa lapang meski diisi dengan tiga penumpang. Masih ada ruang untuk kaki penumpang dengan posisi jok yang juga tidak terlalu tegak. Perjalanan sekitar dua jam sudah cukup untuk merasakan posisi penumpang di Avanza Veloz dengan hasil cukup nyaman

0 Response to "All New Avanza Nyaman di Penumpang"