FIRST DRIVE TOYOTA GRAND NEW AVANZA VELOZ 1.5 M/T


Toyota melakukan perubahan besar pada Avanza terbaru. Tampil lebih agresif dan didukung mesin baru, benarkah ini sebuah perubahan besar pada Avanza?

Adakah perubahan besar di model terbaru ini?
Inilah momen terbaik untuk mencoba generasi terbaru dari Toyota Avanza Veloz saat Media Test Drive di Semarang, Jawa Tengah (9-11/8). Apalagi Toyota menyematkan mesin baru berteknologi Dual VVT-i dan throttle by wire pada Avanza terbaru. Performa dan efisiensi konsumsi BBM pun diklaim lebih irit hingga 20% dari pendahulunya.

Indikasi Avanza Veloz 1.5 dapat terpantau pada penerapan projector headlamp. Lalu di samping, aksen warna hitam menjadi pembeda dari desain pelek alloy berukuran 15 inci. Se- dangkan di belakang, emblem 1.5 menjadi acuan. Bila tidak disematkan emblem Automatic, menandakan Veloz mengadopsi transmisi manual.

Posisi duduk tinggi akan langsung terasa saat berada di balik kemudi. Cukup cangung untuk pertama kali, namun Toyota kini melengkapi pengaturan naik-turun setir agar lebih ergonomis. Indikator seatbelt untuk penumpang depan pun kini tersedia. Lalu indikator ABS dan Eco kini telah hadir dan membuat Veloz kian berkelas.

Tak perlu berlamalama, kunci kontak yang telah dilengkapi dengan immobilizer pun kami putar untuk menghidupkan mesin berkode 2NRVE (kode VE digunakan mengantikan FE karena ini merupakan produk kolaborasi Toyota–Daihatsu).

Injakan pedal kopling terasa ringan. Saat dipadu teknologi throttle by wire, Avanza Veloz manual terasa ‘gugup’ sehingga kami perlu waktu beradaptasi. Apalagi torsi maksimal telah diraih 200 rpm lebih rendah dari pendahulunya. Hal ini kian membuat Veloz terasa kian agresif.

Saat mulai terbiasa, Veloz cukup asyik dikendarai. Sesuai prediksi kami di awal, bantingan suspensi Avanza mengalami peningkatan yang cukup siginfikan. Kini pengemudi dan penumpang merasakan bantingan yang cukup lembut.

Pun begitu dengan pengendalian. Gejala limbung tetap hadir namun kini lebih terprediksi. Maksudnya, ayunan gerakan bodi mobil saat bermanuver terasa lebih teratur sehingga pengemudi dapat memprediksi arah ayunan. Keuntungannya, pengemudi dapat lebih cepat dan tepat dalam mengontrol kecepatan kendaraan.
Tak hanya itu, peredaman kini kian membaik sehingga interior Avanza terasa lebih kedap. Lalu bangku baris kedua dapat diatur maju-mundur untuk memberi ruang yang luas.

0 Response to "FIRST DRIVE TOYOTA GRAND NEW AVANZA VELOZ 1.5 M/T"