Melihat Pabrik Pembuatan Mesin Baru Toyota All New Fortuner 2016

Melihat Pabrik Pembuatan Mesin Baru Toyota All New Fortuner 2016
Situasi abrik Pembuatan Mesin Baru Toyota All New Fortuner 2016
Mendekati peluncuran Toyota All New Fortuner 2016, yang akan dirilis pekan depan. kami berkesempatan mengintip pabrik pembuatan dari jantung mekanis terbaru All New Fortuner dan Innova.

Kali ini pembuatan mesin All New Fortuner dilakukan di jalur produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Terbagi dalam TMMIN Plant 1 Sunter dan Plant 2 Sunter.

Menempati lahan dengan luas total 13 hektare, kedua jalur produksi ini menghasilkan mesin terbaru Fortuner 2TR-KAI berkapasitas 2.700 cc, dan 1TR-KAI berkapasitas 2.000 cc untuk Innova. Mesin baru ini menggantikan model lama berkode 1TR, dan 2TR engine.

Pada kali ini kami melihat cukup menarik bisa melihat proses pembuatan mesin dari mulai casting hingga stamping. Dari bahan baku yang dilebur dalam tungku dipanaskan sampai 1500 derajat celsius, kemudian dituangkan ke dalam cetakan pasir khusus dari Australia, hingga bentuk utuh yang siap dirakit nantinya.

Untuk membuat mesin utuh, Toyota tidak sepenuhnya mengambil atau membuat komponen internal dari lokal, tapi masih mengimpor. Seperti, crank shaft, stang piston, cover cylinder head, chain case, pipe water by pass, damper assy, regulator assy, spacer, thermostat, sensor crank piston, valve assy, dan OCV.

Mesin sudah jadi, tidak saja untuk memenuhi pasar domestik, tapi juga ekspor. Selain mesin bensin, tujuan ekspor Toyota juga membuat mesin berbahan bakar etanol untuk tujuan Argentina.

Plant Sunter Basis Produksi Mesin Bensin Siap di Ekspor ke : Malaysia,Vietnam, Filipina, Taiwan, Pakistan, Argentina, Venezuela, Saudi Arabia, Kazakstan

Malaysia,Vietnam, Filipina, Taiwan, Pakistan, Argentina, Venezuela, Saudi Arabia, Kazakstan
Mesin Toyota Fortuner Siap di Ekspor ke Negara Malaysia,Vietnam, Filipina, Taiwan, Pakistan, Argentina, Venezuela, Saudi Arabia, Kazakstan
Seperti yang sudah dikatakan Direktur Sunter Plant TMMIN, Toermoedi Sujiargiono, bahwa Plant Sunter memang dikhususkan untuk membuat mesin-mesin bensin. Kapasitas per tahun mencapai 195 ribu unit.

Sementara, All New Fortuner dan Innova memiliki varian mesin diesel. Lantas di mana pembuatannya?

Toermoedi mengatakan, “Indonesia memang dipatok menjadi basis produksi mesin bensin, sedangkan diesel kita ambil dari Thailand. Ini sudah kebijakan prinsipal, jadi Thailand mengambil mesin bensinnya dari kita.”

Apakah ada peluang untuk membuat mesin diesel? Lanjutnya, “Itu bisa saja, tapi harus kita lihat dulu skala ekonominya. Jika permintaan memang banyak maka mungkin saja dibuat di Negara kami Indonesia.”

0 Response to "Melihat Pabrik Pembuatan Mesin Baru Toyota All New Fortuner 2016"